Tuesday 3 May 2011

JATI DIRI ORANG SUMARORONG

Banyak beranggapan orang Sumarorong (Mamasa) ini sama saja walau di mana saja mereka berada, biarpun hakikatnya kelompok ini terbagi kepada beberapa etnik kecil yang menjurus kepada tanah asal mereka di Indonesia. Namun, pernahkah anda tahu mengenai kewujudan masyarakat Sumarorong?


Secara ringkas sumarorong bertumpu di bawah G. Sareong di seblah timur, dan Bobong Batu di sebelah barat. sumarorong konon artinya "Asal Makarorrong" (mulanya kerinduan). nah kalu kita ingin merujuk ke rana history, sumarorong adalah salah satu tempat peristrahatan para orang-orang perintis nama-nama daerah di Mamasa, seperti Malabo" (Tanduk Masadi') Messawa (talinga Rara' Mata Bulawan), dan daerah lainya. ada versi mengatakan bahwa sumarorong dipilih sebagai tempat peristrahatan karena , tempatnya cukup strategis, dan juga posisinya berada di tengah-tengah di antara beberapa daerah di mamasa.

Jika di kaji lebih dalam dari sudut pandang kebudayaan nampaknya penduduk asli sumarorong berasal dari aluk tanda langngan yaitu Simbuang (simbuanganna Aluk) saya mencoba mengidentifikasi dari beberapa ritual upacara adat yang sering dilakukan di Sumarorong, misalkan Rambu Solo (Upacara Kematian, dan Rambu Tuka (perkawinan, syukuran), struktural dari pelaksanaan upacara sangat identik dengan ritual yang sering dilakukan di daerah simbuang dan sekitarnya, meskipun ada beberapa metode yang lain memiliki kemiripan dengan adat Messawa , Nmun diminanya lebih condong kepada kebiasaan-kebiasaan dari simbuang. Namun ini hanyalah opini dari penulis, karena ini belum ada penelitian yang mendasar, tentang asal-usul orang Sumarorong, penulis hanya memperoleh referensi dari keluarga yang kebetulan orang sumarorong asli, (lingkungan) dan pengamatan. namun apapun tanggapanya mengenai kebenaran dari kebudayaan yang sedang dijalankan di sumarorong, itu adalah aset orang sumarorong (Mamasa) dan seluruh masayarakat Indonesia ,
tak dapat dipungkiri bahwa antusiaisme masayarakat sumarorong dalam melakukan ritual leluhur mereka masi sangat tinggi, inilah salah satu bentuk-bentuk jati diri masayarakat sumarorong.

Sementera jika kita melangkah melihata kearifan lokalnya, ada hal cukup menarik juga dalam masayarakat sumarorong, yaitu basis Gotong Royongya sangat tinggi. ini bisa kita lihat dari kegiatan-kegiatan masayarakat, misalkan saat membangun rumah, panen padi atau kebutuhan yang lainya. di situ kita akan menjumpai kumpulan orang yang sedang gotong royong untuk membangun rumah atau panen tampah memungut biaya apa pun. uniknya adalah saat panen padi di sawa itu dilakukan serentak di masing masing pemilik sawah. itu dilakukan berdasarkan keputusan  pemilik sawah apakah sudah siap panen. jika padinya sudah matang maka orang akan segera berbondong-bondong menuai hasil pertanian dari sawah tersebut..betapa tingginya bentuk-bentuk solidaritas kebersamaan yang muncul dalam kegiatan ini..dan saya menganggapnya ini adalah kebiasaan-kebiasaan yang sudah membudaya. tetapi kegiatan ini hampir di seluruh Pelosok-pelosok di Mamasa masi  melakukan kebiasaan tersebut.


BY FANDI


1 comment:

  1. ARIKELNYA Mantab, anta sitammu Omora le dio tondokta.. tondok mamasa kungei dadi.

    ReplyDelete