Thursday 11 April 2013

Keagungan Cinta dan Pikiran



Didedikasikan
Kepada Mama Papaku Kakak adik, dan juga buat semu orang yang hidup dalam Cinta

Kemampuan yang paling luar biasa yang dimiliki manusia memang harus diakui yaitu kemampuanya dalam bernalar. Pikiran bisa ke mana-mana ia bahkan tak terbatas oleh apa pun ia bebas beraktivitas yang tak terkendali, namun tidak demikian bagi raga ia sangat terbatas oleh ruang dan waktu ia sangat ditentukan gerak pikiran. Saya membayangkan diriku yang sedang duduk di sebuah pojok lapangan sepak bola di taman kampusku, aku Nampak sendiri di amatan orang lain mereka tak mengerti bahwa pikiran sedang ramai, aku sedang sibuk dengan pikiranku, yang berpikir macam-macam termasuk memikirkan anak orang, memikirkan masa depan bersamanya memikirkan hal unik yang mengagumkan di saat aku bersamanya. Pikiranku sedang mengabaikan bahwa aku ini punya raga yang saat ini di pisahkan dari orang yang aku pikirkan semua Nampak nyata di hadapanku, aku larut dalam lamunan yang itu hanya dirasakan pikiranku tidak oleh ragaku. Tak terasa sekitar 15 menit aku bermain-main dengan pikiranku sendiri tiba-tiba, aku terhentak kaget dengan keramaian di sekitarku nampaknya itu suara dari mahasiswa lainya yang sedang melakukan aktivitasnya. Ehhmm aku kemudian terbangun dalam kesatuanku antara pikiran dan ragaku yang kemudian menjadikan aku sadar bahwa aku tidak sedang bersama dia inilah kesaktian pikiran yang mampu meletakan cinta di mana pun ia berada tampa ia dibatasi oleh ruang dan waktu meskipun raga terabaikan dalam rasa itu.

            Perasaan sayang, perasaan kagum adalah 2 makna besar yang dikadung keagungan cinta semua ini yang mempertanggung jawabkan adalah pikiran dan waktu. Bukan hal-hal lain yang penuh dengan syarat, karena cinta memang tak bersyarat tpi  cinta bersifat menuntut kepada pikiran untk bertindak atas rasa sukanya. Cinta dalam paham saya bukanlah lain dari pada apa yang disebut “kasih” inilah cinta sejati sesungguhnya, cinta sejati bukan ketika orang memberikan dirinya seutuhnya kepadamu, karena ingat ada 1 hal yang tak mungkin anda raih dari pasanganmu atau orang yang kamu cinta yaitu kehendaknya untuk memilih ini fakta hidup, besarnya cinta hanya bisa diukur oleh “waktu”, anda tidak akan bisa mematematikakan besarnya cinta. Tuturan bahasa cinta yang menggempur keberadaanmu di dunia adalah bagian kesadaran yang terjadi hanya sekali, Karena perlu diketahui bahwa semua manusia di dunia hanya sekali jatuh cinta lain dari pada itu hanyalah komitmen. Maka bersyukurlah kita sebagai manusia yang di anugrahi rasa cinta, karena dengan cinta manusia bisa amemancarkan gairahnya dalam segala hal. Cinta adalah rasa yang memancar dari mata air naluri-nalurinya.

            “Inti sari dari segala Sesutu adalah cinta” Seorang Filsuf bernama Plato pernah mengatakan bahwa Cinta atas kebaikan adalah dasar dari kebajikan dan kebenaran, dan dari filosifi inilah yang dijadikan dasar atas cinta platonic, yaitu hanya mencintai tampa berharap dicinta kembali. Apa yang kita pandang baik dan kita melakukan dengan penuh cinta, niscaya akan mendatangkan kebajikan dan kebenaran, begitulah inti sari cinta yang diberikan  oleh Plato. Kekagumanku terhadap cinta tidak sampai di situ, aku kemudian menggunakan pendapat yang bersifat umum dengan menggambarkan cinta dengan gambaran hati. Dan tentu itu kita dapat pahami bahwa hati adalah pusat segala perasaan untuk menerima dan mempersembahkan. Dalam setiap sendi kehidupan, hati kitalah yang menentukan apa yang harus kita persembahkan dan apa yang harus kita terimah dalam kehidupan ini. Gambaran seperti ini mirip dengan pengertian cinta, maka dapat dikatakan bahwa cinta sama dengan hati. Sumber cinta memang dari hati.

Sadarkah anda bahwa kita sebenarnya dibesarkan oleh orang tua kita atas dasar cinta? Semenjak dalam kandungan ibu kita sudah mencinta kita, semenjak dilahirkan, kita dibesarkan cinta pulah. Ayah kita pun rela bekerja keras demi kita karena atas dasar cinta.cinta mampu membuat orang tua kita mengacuhkan dirinya demi yang dicintainya, yaitu kita. Sungguh cinta yang sangat luar biasa. Begitu juga orang yang bekerja dan belajar atas dasar cinta mereka berhasil menghasilkan Sesuatu yang dapat bermanfaat bagi umat manusia, mereka rela menghabiskan waktunya demi menghasilkan Sesutu yang bermanfaat. Kita lihat saja saikking cintanya pada fisika, Albert Einstein akhirnya menemukan teori relativitas, saking cintanta kepada sastra William Shakespeare dapat membuat karyanya “abadi” sebuah cerita cinta sepanjang zaman Remeo dan Juliet Bill Gate saking cintanya pada computer ia berhasil membuat Windows yang begitu bermanfaat bagi jutaan manusia, semua ini di dasari karena kecintaanya terhadap Sesutu.

Lain halnya dalam cinta yang sering kita alami yaitu cinta antar lawan jenis, cinta yang satu ini jujur bagi saya ini bisa membuat manusia mampu bergetar hebat, dan mampu berbuat apa saja demi orang yang dicintainya, cinta membuat orang berani menempuh resiko yang tak dapat di bayangkan. Sungguh cinta merupakan pengalaman yang begitu berharga dalam hidup manusia. Manusi diberi potensi untuk untuk mencintai dan dicintai. Dan , Tuhan memang menciptakan pria dan wanita untuk salaing melindungi dan menyayangi. Sekali lagi saya katakana bahwa cinta adalah naluri manusia. Karena cinta adalah salah satu naluri maka ia berasal dari dalam hati. Jika orang sering bilang hatinya tidak tetap maka jangan heran jika cinta sering pasang surut ini akumulasi dari pergerakan  hati . cinta mengisi suatu waktu sedangkan waktu terus berlalu, karena cinta pun dapat berlalu seiring waktu berlalu. Quraish Shihab pernah menyinggung dalam buku yang pernah saya baca yang berjudul Berpikir dan Berjiwa Besar, ia mengtkan bahwa seseorang merasa dirinya adalah salah satu yang ‘ada’, tetapi ketika ia bercinta, ia dapat merasa memiliki segala yang ‘ada’  dan ketika cintanya putus, ia merasa ‘tidak ada’ dan hampa. Inilah permainan cinta kepada manusia. 

Maka di saat itu pula lah menjeleskan cinta juga kimia berperan di mana dalam logika kimi dikatakan bahwa ketika seorang jatuh cinta, semua zat kimia dalam tubuh, terutama dopamine dan oksitoksin dalam otak, mengalam fluktuasi dalam darah. Ini yang menjelaskan mengapa ketika seorang jatuh cinta ia dapat melakukan apa saja yang dalam situasi normal tidak mungkin dilakukan. Dalam keadaan jatuh cinta kita menjadi obsesif terhadap pasangan, akibatnya kita sulit tidur, karena pikiran terfokus pada pasangan. Tetapi setelah memahami cinta yang sebigian aku tuangkan dalam tulisan ini, ada satu hal yang mesti di ingat bahwa cinta akan di uji oleh waktu. Maka dari itu buat kalian semua  marilah ktia hidup selalu dalam nuansa cinta yang penuh dengan kasih, maka bersabarlah fajar kebajika kebenaran kemenangan dan akhirnya sampai kepada kenyamanan hidup akan menghampiri karena semua itu Pancaran dari mata air naluri-naluri Tuhan yang ada dalam jiwa kita manusia (egape).

Eros (Cinta manusia semata, yang dinspirasi oleh Sesutu yang menarik dalam objeknya umpanya kecintaan kita terhadap si A atau ke B hal ini sangat di gerakkan oleh fisik)
Philia (cinta ini menyentu kepribadian manusia, intelektual,emosi dan kehendak melibatkan saling berbagi, cinta ini tumbuh dari kebersamaan dan perhatian)
Egape (ini adalah kasih Tuhan, kasih yang tidak mencari kesenangan sendiri, tetapi senang member tampa menuntut balas, misalnya cinta seorang ibu terhadap anaknya.)

Letakkanlah ketiga cinta ini di dalam proses hidup maka di saat itulah kita benar-benar hidup denga cinta.

No comments:

Post a Comment