Friday 1 November 2013

Burung Garuda Mitos atau Fakta

Garuda

Selaku warga Negara Indonesia mendengar kata Garuda tentu mengerti bahwa itu adalah lambang NKRI, lalu pertanyaanya adalah burung garuda itu hanya fakta atau mitos? Di kalangan masyarakat pertanyaan tentang eksistensi burung garuda masi terus dipertanyakan  bahwa apakah spesies burung garuda memang ada, sama halnya dengan penulis masi juga terus bertanya-tanya tentang keberadaan burung yang menjadi lambang Negara indonesia.

            Ataukah spesies burung garuda ini pernah ada tapi sudah punah? Tapi jika itu pernah ada tentu peneliti-peneliti pernah menulis tentang burung tersebut apalagi dengan dijadikanya burung ini menjadi lambang Negara, tapi saya belum pernah menemukan buku yang benar-benar membahas secara mendalam tentang keberadaan burung garuda. Burung garuda jika dilihat secara fisik ada kemiripan dengan gambar burung yang dijadikan lambang kerjaan samudera pasai bahkan ada beberapa artikel yang mengatakan bahwa Indonesia meniru dari kerajaan samudra pasai. Dalam cerita Mahabarata burung Garuda digambarkan sebagai burung yang perkasa, setia kawan, dan berani. Burung Garuda adalah kendaraan Dewa Wisnu  ketika berkelana ke penjuru Bumi, menurut para ahli burung, garuda hanya digambarkan sebagai burung yang berjambul, dan selebihnya itu di ambil dari cerita mahabarata.
Lambang NKRI & Lambang Kerajaan Samudera pasai

Bintancenter.blogspot.com
Elang Jawa (Sumber Bintancenter.blogspot.com


            Di Indonesia sendiri salah satu burung yang memiliki kemiripan dengan burung garuda adalah elang jawa namun itupun tidak keseluruhan bentuk fisik garuda memiliki kemiripan dengan elang jawa. Timbul pertanyaan bagi saya bahwa jika burung garuda ini memang pernah ada berarti ia tidak di Indonesia dugaan penulis mungkin ia pernah ada di India karena merujuk pada kisah mahabarata tentang burung garuda, dari beberapa referensi yang penulis baca burung garuda esensialnya tidak lebih hanya mitos dalam cerita mahabarata. Lalu pertanyaan selanjutnya adalah mengapa ia menjadi lambang Negara RI, kenapa bukan Elang jawa atau jenis burung yang lain, apakah karena ceritanya burung Garuda yang begitu sakti dalam beberapa mitos maka ia dijadikan sebagai lambang Negara, lalau jika ia mitos berarti kasaranya adalah lambang Negara kita adalah “Mitos”.


Dari sudat pandang teman-teman sendiri bagaimana melihat lambang Negara kita yang hingga hari ini masi terus dipertanyakan beberapa orang karena tidak adanya referensi yang betul-betul mengulas secara mendalam tentang burung garuda, ataukan memang kebenaranya garuda hanya terjadi dalam mitos..??

No comments:

Post a Comment